Membaca Mahar Untuk Maharani

ad+1


Buku ke 7 dari buku Azhar Nurun Ala, sebelumnya Azhar ini menerbitkan buku yang sudah terkenal dan booming loh, yaitu Jatuh, Tuhan Maha Romantis, Seribu Wajah Ayah, Cinta Dan Perlawanan, Konspirasi Semesta, Pertanyaan Tentang Kedatangan. Dan yang baru saja terbit adalah Mahar Untuk Maharani. Sejujurnya saya baru baca karya mas Azhar ini. Gaya bahasanya mudah untuk dipahami dan termasuk salah satu genre novel kesukaan saya, tentang cinta dan islam.

Buku ini berlatar belakang di daerah pedesaan Lampung Tengah. Ada 3 pemain utama dalam novel ini, yaitu Salman, Maharani, dan Ajran. Tiga tokoh tersebut memiliki peranan masing-masing. 

Salman mahasiswa aktivis kampus yang jatuh cinta dengan Maharani teman masa kecilnya, tapi terhalang dengan restu orang tua si Maharani karna si Salman ini ternyata mahasiswa yang lulusnya molor.

Salman bertekad untuk lulus dan bekerja untuk bisa melamar Maharani dalam kurun waktu kurang dari 6 bulan setelah ia lulus. Selama Salman menunggu waktu yang tepat untuk melamar Maharani. 

Ia belajar tentang agama lebih dalam melalui pondok quran. Dan ia mulai menata hatinya apakah keinginan ia melamar Maharani karna ia takut Maharani dilamar orang lain ataukah bukan.

Tokoh selanjutnya adalah Ajran. Salman dan Ajran adalah teman SMA namun berbeda desa. Ajran adalah orang yang penuh dengan mimpi untuk bisa memajukan pertanian Indonesia. Salman sukses dengan bisnis pupuknya yang dibangun bersama teman-temannya. 

Tak disangka Ajran mengenal Ayah Maharani,dan Ajran jatuh hati dengan gadis cantik lulusan mesir ini. Bagaimana kelanjutan kisah Ajran, Salman, dan Maharani, siapa yang akan menikah dengan Maharani? Baca kisah lengkapnya dibukuya yaa.. 

Nah sekarang menurut pendapat saya ya, novel ini sangat bagus buat kita yang masih bingung tentang cinta. Apakah gadis yang saya pacari ini akan menjadi istri saya? ataukah gadis yang saya doakan dalam doa saya ini akan menjadi pelengkap separuh agama saya? 

Jika kita menghijrahkan cinta, dari kata benda menjadi kata kerja, maka tersusunlah sebuah kalimat peradaban dalam paragraf sejarah. Jika kita menghijrahkan cinta, dari jatuh menjadi bangun cinta, maka cinta menjadi sebuah istina, tinggi menggapai surga.

Novel ini juga sangat membangun semangat pemuda yang harus bekerja keras untuk membangun bangsanya yang diwakili dengan tokoh Ajran dan Salman, yang rela menjadi seorang petani walaupun mereka seorang sarjana. 

Menurut saya sih, apa pun pekerjaan orang lain itu, kita tidak boleh memandang rendah pekerjaan tersebut, karna belum tentu juga pekerjaan kita jauh lebih mulia dibandingkan dengan pekerjaan mereka.

Selanjutnya adalah masalah perjodohan dalam novel ini juga di bahas pula. Banyak pandangan tentang perjodohan ini apakah baik untuk kedua mempelai dan kedua keluarga. Di novel ini membuat saya berpikir bahwa segala keputusan tentang menikah itu jatuh pada pilihan pribadi kita sendiri. 

Karena yang menjalani kehidupan rumah tangga adalah kita, orang tua bisa menyarankan namun keputusan untuk menikah dengan siapa adalah ada di tangan kita. Tapi disini perlu diingat bahwa menikah dengan seseorang berarti harus mencintai keluarganya juga.

Jadi begitu review dan sedikit spoiler tentang novel  Mahar Untuk Maharani  ini selamat membeli dan membaca yaa..  

Keterangan:

Penulis : Azhar Nurun Ala

Penerbit : Lampudjalan

Tahun Terbit : 2017

Jumlah Hlm : 248 hlm

0 Comments: