Belajar Menulis Esai

ad+1





Inilah Esai, buku karya Muhidin M. Dahlan memuat hal-hal yang terdapat didalam esai. Hal-hal tersebut antara lain, yaitu tema dan topik, sumber, gaya, judul, pembuka, deskripsi, dan paragraf pengunci atau penutup esai. Tidak hanya itu, dalam setiap sub pembahasannya juga diselingi notes mengenai esai dari pesohor, seperti Bandung Mawardi, Gunawan Maryanto, dan lain sebagainya.

Pada sub pembahasan yang pertama, Muhidin memberikan penjelasan mengenai tema dan topik yang tepat untuk membuat esai. Menurutnya, tema dan topik itu spesialis boleh, generalis juga sah. Selain itu, ia juga memaparkan contoh-contoh esai yang sesuai dengan tema dan topik tersebut.

Sub kedua berisi tentang sumber-sumber dalam menimba bahan esai. Muhidin memberikan lima sumber yang dapat membantu penulis dalam membuat esai. Sumber-sumber tersebut antara lain, yaitu perpustakaan, subjek manusia, subjek flora dan fauna, ruang-ruang imajiner, dan internet. Selain itu, juga terdapat cara dan contoh dalam menggali sumber tersebut.

Sub ketiga berisi tentang gaya dalam membuat esai. Penulis menjelaskan bahwa ada 16 gaya dalam esai yang tidak akan membuat esai menjadi mati gaya. Gaya-gaya tersebut, yaitu gaya surat, alat kritik, naratif, dan lain sebagainya. Pembaca juga akan disuguhkan contoh-contoh esai dari pesohor yang dapat membantu untuk memahami berbagai gaya tersebut.

Sub keempat membahas mengenai judul. Judul dalam esai adalah alat utama untuk mencuri perhatian pembaca. Dengan ini, penulis memberikan tips-tips untuk membuat judul supaya esai yang dibuat dapat menarik pembaca.

Sub kelima memaparkan tentang cara membuka esai. Selain judul, paragraf pembuka sangat berpengaruh untuk menarik pembaca supaya terus berminat untuk membaca esai. Penulis memberikan delapan jalan untuk menyingkap bagaimana esai itu dapat menarik minat pembaca.

Sub keenam berisi tentang deskripsi. Sub ini memaparkan bagaimana menulis isi atau badan dalam esai. Muhidin memberikan lima titian di sekujur tubuh esai. Hal ini dapat mempermudah penulis dalam memaparkan isi dan membuat keterkaitan antarparagraf.

Sub terakhir, penulis memberikan lima kunci dalam mengakhiri atau penutup esai dengan elegan. Selain itu, agar tidak mempersulit pembaca, ia memberikan contoh-contoh dalam menutup esai dari esai-esai para pesohor.

Buku karangan Muhidin ini dapat membantu pembaca dalam membuat esai. Selain cara pemaparannya yang enteng dari penulis, pembaca tidak akan bingung dengan penjabarannya. Karena penulis menyuguhkan contoh-contoh dalam setiap pembahasan.

Judul buku : Inilah Esai
Penulis : Muhidin M. Dahlan
Penebit : I:BOEKOE
Kota terbit : Yogyakarta
Tahun terbit : 2016

3 comments: Leave Your Comments