Waktumu Gayamu


by. Miftakul Ulum Amaliyah



Waktu adalah gaya, gaya hidup hanyalah soal waktu. Janganlah Menyia-nyiakan waktu atau akan terbunuh oleh gaya yang kamu buat. Karena, waktumu adalah gayamu.



Sudah tidak heran jika ada seseorang yang menanyakan, “pukul berapa sekarang?”. Secara reflek, kalian pasti akan melihat pergelangan tangan atau setidaknya kalian mengeluarkan HP dan mengecek jam. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Jam adalah alat untuk mengukur waktu. Jam tidak hanya benda kotak yang berisi deretan angka satu sampai duabelas.

Jam akan berevolusi dari masa ke masa. Bukti evolusi jam dari masa ke masa dapat dilihat dari ketergantungannya terhadap alam. Dahulu, jam (dibaca: alat penentu waktu) tidak secanggih zaman sekarang. Jam hanya tergantung pada cahaya matahari dan bayangan. Tentu saja jika tidak ada cahaya matahari, saat cuaca mendung misal, pasti sulit untuk memperkirakan ketepatan waktu. Kemudian munculah jam degan komposisi pasir dan air. Pasir maupun air diletakkan didalam wadah yang bisa dibolak-balik. Mudahnya, kita tidak terantu pada matahari. Namun, waktu yang dihasilkan tetap tidak akan akurat. Semakin berkembangnya zaman, teknologi semakin maju.jam telah disulap menjadi aksesoris yang dapat dibawa kemanapun.

Jam yang dulunya tergantung pada alam, sekarang telah berdiri sendiri dengan bantuan baterai. Baterai diibaratkan sebagai jantung pengendali jam. Namun, jantung ini lebih efisien. Ia dapat diganti dengan baterai yang lain, baterai non original.Setelah baterai, jam mulai dimodifikasi menjadi selayaknya perhiasan. Isinya masih deretan angka, bedanya hanya terletak pada cover-nya, ada tambahan pernak-perniknya. Jam tidak hanya benda kotak yang berdiri atau tergantung di rumah, namun ia adalah sesuatu menyerupai gelang tangan. Sesuatu ini disebut jam tangan atau arloji.

Arloji merupakan salah satu perhiasan yang marak dan membanjiri pasaran. Pasalnya, jam yang melingkar pada tangan ini memiliki keberagaman motif, corak, dan pernak-pernik perhiasan didalamnya. Semakin rumit dan banyak motif maupun pernak-perniknya, semakin selangit pula harganya. Apalagi jika arloji ini telah dilumuri emas dan taburan berlian, jangan tanya berapa harganya, pastinya mencekik. Terkadang hal semacam ini menjadi buronan miliyader karena barang semacam itu pasti limited edition.

Mengingat betapa mengagumkannya harga sebuah benda yang melingkari tangan itu, sekarang yang menjadi pertanyan adalah, “Apakah fungsi dari jam tangan?”. Pengukur, penunjuk, dan penanda waktu, penunjang penampilan, meningkatkan rasa percaya diri, dan penentu status sosial. Secara realitasnya, 25% fungsi arloji adalah sebagai pengukur waktu dan 75% sebagai penunjang penampilan. Jam bukan lagi sebagai prioritas utama dalam waktu, melainkan penunjang penampilan. Berbicara mengenai penampilan, kurang afdol rasanya, jika bepergian tanpa arloji.

Arloji seakan-akan memiliki peranan penting dalam penampilan. Meskipun tujuan utama dari arloji adalah sebagai pengukur waktu, namun tidak menampik kenyataan bahwa arloji dapat menunjang penanpilan. Kita akan merasa lebih percaya diri dengan memakainya. Sadar ataupun tidak, arloji dapat menunjukan status sosial seseorang. Mereka yang dibanjiri uang, akan rela merogoh kocek agak dalam hanya untuk sebuah arloji. Semakin mahal harga arloji, semakin tinggi pula status sosialnya didalam lingkungan masyarakat.

Penilaiaan semacam ini sangatlah lumrah mengingat betapa terpandangnya mereka ditengah kehidupan bermasyarakat. Bukan berarti mereka dikalagan menengah kebawah tidak mampu membeli arloji, tetapi ada kebutuhan yang lebih utama untuk dipenuhi. Jam tangan atau arloji hanyalah salah satu perhiasan yang mungkin tidak begitu diperhatikan. Namun, bagi sebagian orang, arloji adalah suatu alat penunjang penampilan. Keberadaannya bisa mendapatkan perhatian tinggi. Posisinya dalam penunjang penampilan tidak bisa dianggap sepele. Namun, waktu tetaplah berjalan meski gaya hidup glamor terus berkembang dan kenyataan terus berubah sesuai gaya hidup yang sudah diberdayakan. 

Post a Comment

0 Comments